Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Sabtu, 25 Desember 2010

Tip dan Trik Mengecek Kunjungan

Kalau kita beraktivitas dengan melihat jumlah pengunjung blog atau website, tiga kategori akan dapat jadi acuan: AWstat, Google Analytics (GA), atau flagcaounter (FC). Yang terakhir saya pilih karena lebih kelihatan dari negara mana dan berapa kunjungan hari itu. Tiga cara pasang alat itu adalah cara mengidentintikasi dan menentukan jumlah pengunjung yan paling mendekati atau paling benar.

Karena seringkali relatif, sekali lagi berdasarkan beberapa pendapat, penjelasan ini sedikit penting dalam mengurai masalah tersebut.

Beberapa pendapat yang saya baca menyebutkna bahwa keakuratannya patut kita pertanyaan. AWstat dianggap terlalu banyak menghitung, termasuk klik blog yang kita lakukan, apalagi kalau masuk berulang-ulang entah melalui cpanel ataupun sistem blognya sendiri.

Ketika memasang GA, saya dikejutkan oleh jumlah kunjungan yang tidak berubah, jangan-jangan memang saking miskinnya jumlah pengunjung ketika itu. GA diset dengan waktu Indonesia dan pengunjung yang terlacak baru dari Indonesia, sementara di AWstat bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar. Setelah pasang GA, justru ada dua komentar yang masuk, yang tidak dihitung jumlah kunjungannya oleh GA. Belum lagi jumlahnya yang kerapkali berubah, bahkan berkurang, jadi penegas betapa kombinasi tiga alat kunjungan, setidaknya jadi penyeimbang kebenaran.

Setidaknya cara paling nyaman adalah memperkirakan jumlah rata-rata. Kalau GA terlalu sedikit, AWstat terlalu banyak, FC memberi kesan lebih dekat karena perubahan peta pengunjung dan bendera negara. FC hanya menghitung jumlah pemiliknya sekali itu jika dilakukan dari computer atau laptop sendiri.

Halaman membuat reviu Click Here to Advertise on My Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar