Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Sabtu, 15 Januari 2011

Cara Praktis Pembayaran Bisnis Online

Pembayaran, dalam segala bentuk, berarti memilih cara paling praktis dan eefektif. Dalam bisnis online, dua metode pembayaran yang paling dikenal adalah Paypal dan cek. Pengalaman menunjukkan bahwa Paypal lebih praktis, apalagi uang bisa diambil langsung ke rekaning lokal kita di mana pun. Sementara, cek butuh pencairan, prosedur, dan pembukaan rekening baru bila di bank yang bersangkutan hanya menerima nasabahnya.

Pembayaran di Paypal dalam hitungan menit atau hari, bergantung perjanjian kita, sebagai pebisnis online, dengan si klien. Verifikasi dapat dilakukan dalam segala bentuk. Paling aman, nyaman, memang adalah kartu kredit. Ini agar menjaga kelangsungan bisnis online tidak mengalami hambatan (limited access). Kartu-kartu VCC bukanlah negatif. Pengalaman positif saya alami dengan penyedia VCC dengan verifikasi begit cepat. Ini memang belum setahun berjalan. Akan tetapi, pengalaman banyak pebisnis menunjukkan batas akhir keanggotaannya adalah hambatan tersendiri bagi berlangsung bisnis online di masa depan.

Cek bukan hanya butuh waktu, juga potongannya tidak wajar. Mendapat $50 tidak berarti cair seluruhnya, dapat dipastikan setengahnya bahkan lebih adalah “harta” pihak lain, yaitu bank tempat uang kita cairkan. Bank di Indonesia tampaknya belum cukup akrab dengan metode pembayaran melalui cek, terbukti betapa administrasi dipotong sedemikian tinggi dan waktu konfirmasi sedemikian lama.

Metode pembayaran mana yang akan dipilih? Saya sarankan yang parktis dan efektif, tidak memakan banyak waktu, tidak mengganggu aktivitas, dan nyaman bagi kelancaran bisnis online kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar